Minggu, 19 Desember 2010

Kurang Air Putih : Awas Darah, Otak,dan Hingga Stroke

Kadang kita sudah ngerti sebenernya seberapa banyak kebutuhan air tubuh, atau malah ngga ngerti seberapa banyak kebutuhan air untuk tubuh. Byasanya dengan alasan tertentu atau karena malas bolak balik kamar mandi kita jadi mengurangi konsumsi air putih.
Sebenarnya bagaimanasih prosesnya hingga air sangat penting untuk darah?
Kurang lebih 80% dari tubuh kita terdiri dari air, otak dan darah merupakan organ yang memiliki bagian kadar lebih dari 80%. Seperti orak itu memiliki kadar air 90% sedangkan darah 95%. Jadi makanya kita sehari membutuhkan sekitar 8 gelas air atau sekitar 2 literan air. Apalagi bagi seorang perokok jumlah ini harus ditambah sekitarseparuhnya dari jumlah normal. Air ini dibutuhkan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh baik itu lewat air seni, keringat, sekresi, ataupun pernafasan.
Kalau kita kurang dalam mengkonsumsi air sebenernya efeknya secara keseluruhan tidah kita rasakan. Tetapi sebenarnya tubuh akan menyeimbangkankondisi ini dengan cara mengambil sumber dari komponen-komponen tubuh itu sendiri. Salah satunya dari darah, kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Karena darah akan menjadi kental, hal ini mengakibatkan aliran darah yang membawa oksigen dan sari makanan akan terganggu.
Darah yang kental itu juga akan melewati ginjal yang berfungsi memfilter atau menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga kalau harus menyaring darah yang kental makan ginjal harus bekerja ekstra keras. Bahkan bisa saja ginjal ini akan rusak dan bisa saja kita harus cuci darah karena kerusakan ginjal ini.
Itu pengaruhnya kekurangan air untuk darah dalam ginjal. Sedangkan aliran darah diotak juga akan mengalami hal yang lebih membahayakan. Dengan kondisi darah yang kental seperti itu akan meng hambat darah masuk otak. Padahal sel-sel otak paling boros dalam menggunakan oksigen dan sari makanan yang dibawa oleh darah. Sehingga sel-sel otak tidak bisa bekerja secara optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi ini jugalah yang sering memicu timbulnya stroke.
Dan harus kalian ketahui bahwa aktivitas makin banyak maka semakin banyak pula air yang terkuras dari tubuh kita. Makanya banyak pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus, biasakan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan sehat!
Untuk kalian yang bekerja atau kuliah di ruang ber-AC ini juga dianjurkan untuk minum lebih banyak air putih, karena udara yang dingin tubuh cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu.

0 komentar:

Posting Komentar